samsung s9 dikabarkan memiliki sensor sidik jari di bagian belakang layar


Samsung dilaporkan tengah membesut sensor kamera paling baru untuk Galaxy S9. Kabarnya, raksasa teknologi asal Negeri Ginseng selanjutnya bakal buat persiapan sepasang sensor kamera anyar yang tiap-tiap dibekali resolusi 12MP dan 24MP.

Berbeda dengan sensor kamera Samsung sebelumnya, kedua sensor ini mengusung ukuran tipis. Dengan demikian, modul kamera smartphone barangkali mampu rata dengan bodi smartphone. Jika benar begitu, mampu jadi Galaxy S9 bakal mempunyai kamera dengan wujud datar dan tidak menonjol.

Menurut yang dilansir DPReview, Senin (16/10/2017), sensor 12MP bernama ISOCELL Fast 2L9, mempunyai teknologi Dual-Pixel untuk autofocus yang lebih tangkas
Ia juga menggunakan fotodioda di setiap piksel terhadap sensor kamera, supaya mampu mendeteksi jarak subjek secara instan. Bisa dibilang, langkah kerja sensor ini menyamai dengan mata manusia.

"Sensor dilengkapi dengan 12 mega piksel pendeteksi fokus. Sensor tak hanya mampu mengunci fokus dengan cepat di objek stabil berukuran kecil, namun juga mampu mengunci dan mencari objek bergerak tanpa kudu kehilangan fokus dalam kondisi low-light sekalipun," tulis Samsung menerangkan.

Teknologi Dual-Pixel ini, nantinya juga mampu menciptakan efek Depth-of-Field dengan kata lain bokeh hanya dengan satu kamera.

Dengan demikian, Galaxy S9 barangkali tak ulang mengusung kamera ganda terkecuali sensor kameranya sudah mengusung teknologi tersebut.

Selain itu, tiap piksel sensor ISOCELL Fast 2L9 berukuran 1,28 nanometer dan lebih kecil dibandingkan 1,4 nanometer yang tersedia di sensor kamera flagship smartphone Samsung sekarang.

Sementara, sensor kedua bernama ISOCELL SLIM 2X7, mengusung resolusi 24MP. Ukuran pikselnya lebih kecil lagi, yaitu di angka 0,9 nanometer.

Jadi, makin besar ukuran piksel, biasanya makin bagus mutu gambar yang dihasilkan, begitu pun sebaliknya. Di sensor ini, Samsung juga menyematkan teknologi Deep Trench Isolation untuk mampu mengurangi crosstalk antar piksel yang mampu menambah mutu gambar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »