10 Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan

Apabila cuaca dalam keadaan yang tidak menentu, seperti pagi hingga siang hari suhu udara terasa sangat panas, tetapi saat malam hari dan menjelang sore tiba-tiba hujan lebat turun yang membuat suhu menjadi mendadak dingin.

Dengan kondisi seperti ini maka bukan tidak mungkin daya tubuh seseorang, terutama anak-anak akan mudah terserang penyakit seperti flu.

Flu merupakan salah satu penyakit yang paling sering menyerang anak. influenza pada anak dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti faktor diri si anak, faktor virus dan faktor lingkungan.
Bagi sang ibu yang memiliki si kecil, maka perlu menjaga suhu badan sang anak agar tetap stabil dan tidak mudah terserang flu.
sumber foto:okezone.com

Tips menjaga anak agar terhindar dari penyakit saat musim hujan:

1. Terapkan pola hidup sehat
Sangat dianjurkan untuk sang Ibu mulai membiasakan pola hidup sehat pada diri anak sejak dini.

Beberapa hal yang diajarkan seperti membiasakan anak untuk selalu mencuci tangan (terutama sebelum makan) lalu membilasnya hingga bersih dengan air yang mengalir.

Ajarkan anak untuk mencuci tangan sebelum makan, saat mandi, dan setelah dari toilet.

Contoh lainnya: saat di meja makan, motivasi anak untuk mengonsumsi makanan sehat, terutama sayuran yang sangat besar manfaaat bagi anak-anak. Selain itu juga buah-buahan, ikan dan lainnya.

Entri baru

2. Pastikan istirahat anak cukup
Untuk mengembalikan kebugarannya, maka dorong sang anak untuk beristirahat sekitar 8 jam dalam sehari. Hindari dirinya dari kelelahan secara berlebihan, dan juga hindari stres pada anak yang menyebabkan daya tahan tubuh anak menjadi menurun.

Kurang tidur bisa meningkatkan hormon stres dan menyebabkan tubuh meradang sehingga tubuh menjadi rentan terhadap serangan penyakit.

3. Banyak Minum
Banyak minum adalah cara untuk menjamin kecukupan cairan tubuh anak, yang penting untuk kelangsungan metabolisme tubuhnya.

Hal itu karena dehidrasi atau kurang cairan membuatnya sangat rentan terkena penyakit karena kondisi daya tahan tubuh yang menurun.

4. Jauhkan anak dari udara dingin dan lembab
Virus influenza akan lebih lama hidup dan semakin kuat (berbahaya) di udara yang bersuhu dingin dan lembap. Untuk itu hindari sang anak dari terpapar udara dingin dan lembab.

Demikian juga hindari mengkonsumsi minuman dingin seperti es atau lainnya dalam keadaan seperti itu.

5. Berikan makanan yang cocok
Dengan memberikan makanan yang bergizi dan bernutrisi cukup, diharapkan daya tahan tubuh anak dapat tetap kuat. Anda perlu memberikan menu empat sehat lima sempurna yang dapat diperoleh dari nasi, telur, susu, daging, ikan, sayuran dan buah-buahan.

6. Hindari kontak dengan penderita flu
Untuk menghindari anak dari penularan virus flu, yang tampaknya paling perlu dilakukan adalah hindari kontak langsung dengan penderita melalui bersin, sehingga dapat masuk melalui hidung, mulut, dan mata.

Untuk itu para Ibu hendaknya memperhatikan dengan baik lingkungan sekitar dari sang anak. Pada musim hujan usahakan tidak mengajak si kecil bepergian ke tempat-tempat umum dan ramai seperti mal, terminal, stasiun, pasar dan lainnya.

7. Dorong anak agar rajin olahraga
Olahraga yang rutin dan teratur seperti yang sederhana yaitu jogging ringan, maka akan memberikan manfaat pada tubuh yang membuat daya tahan tubuh anak kuat. Sehingga tubuh pun tidak mudah untuk terserang virus penyakit.

8. Cegah anak berlama-lama bermain mandi hujan
Hal ini juga sangat penting, hindari anak-anak melakukan yang namanya mandi hujan, karena bisa berbahaya bagi dirinya. Jika kita lihat, banyak anak-anak yang sengaja mandi hujan sehingga tubuhnya kedinginan.

9. Jaga dan perhatikan kebersihan si kecil
Kotoran dan kuman merupakan sumber penyakit yang paling umum. Untuk itu bagi para orang tua terutama ibu, sedapat mungkin untuk menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan sekitar serta makanan yang dikonsumsi si kecil.

Selain itu, perhatikan kebersihan kuku, gigi dan pakaian anak, sebab beberapa hal tersebut bisa menjadi sumber kuman dan penyakit untuk menyerang tubuh.

10. Dorong anak untuk konsumsi buah dan sayur
Jenis makanan seperti buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang amat dibutuhkan bagi tubuh anak. Dengan mengkonsumsinya akan sangat baik karena membantu tubuh terhindar dari penyakit dan memperkuat sistem imun tubuh.

Selain untuk kekeblan tubuh, terdapat segudang manfaat sayuan dan buah yang membantu tumbuh kembang anak dengan baik hingga masa dewasanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »